Cerita Ihsaan, Ibu Ihsaan

Cukup ini jadi yang terakhir

Qadarullah sampai usia Ihsaan 26 bulan, ini sudah kali ke -6 Ihsaan harus dirawat inap. Dan di antaranya 3 kali didiagnosa sakit bronchopneumonia. Saya sebagai ibunya seperti tidak pernah ambil pelajaran dari kasus sebelumnya. Saya marah dan kesal pada diri saya sendiri, rasanya saya ingin menasehati diri saya sendiri “sudah tahu anaknya rentan sama debu, kok bisa sih ga dijaga!”

Jujur, hal yang terpikirkan oleh saya adalah saya ga mau membentuk Ihsaan jadi anak yang begitu rentan sama debu. Masa iya, anak yang aktif seperti Ihsaan harus selalu bermain dalam rumah. Ah, fujiiii…kamu lupa kalau kondisi Ihsaan sedang tidak fit . Harusnya ada skenario khusus yang kamu persiapkan ketika anak sakit tapi tetap bisa aktif bergerak. Iya, saya akui ini salah saya.

Ketika orang-orang terdekat mulai berkomentar “Duh, kasian ya Ihsaan sakit terus” Atau berseloroh”perasaan Ihsaan dirawat terus ya?” Sampai ada komentar Ihsaan perlu direvisi namanya. 😫😫

Mendengar komentar-komentar itu, rasanya saya ingin membalas dengan jawaban “Boleh komentarnya digantikan dengan doa saja?” Atau mungkin mereka belum sempat untuk mencoba bertukar peran dengan saya yang akan cemas ketika anaknya terserang batuk pilek. Padahal bagi banyak orang “batuk pilek” adalah sakit yang wajar bagi anak-anak. Namun, bagi kami (saya dan suami) lebih mencemaskan. Karena batuk pilek pernah membuat anak kami kesulitan bernafas di malam hari hingga kadar oksigen dalam darahnya tidak bagus, dan sampai membuatnya kejang demam.

 “Ya Allah, Yaa Hayyu Yaa Qayyum…sesungguhnya kesehatan adalah kuasa-Mu. Berikan kesembuhan untuk Ihsaan. Dan semoga ini menjadi yang terakhir untuk melihat Ihsaan terbaring di ranjang rumah sakit dengan selang infus menempel di lengannya. Aamiin yaa robbal alamiin”

Tangerang, 6 September 2017

Seorang ibu yang sedang mendampingi anaknya yang sedang tidur di RS

Menulis bagi saya menciptakan kelegaan ketika tidak ada lawan bicara yang tepat.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s