Ibu Ihsaan

Itu Tangan Kanan bukan Tangan Bagus


Bahasan kali ini sedikit membahas tentang adab. Lebih tepatnya pembiasaan adab yang sesuai bagi anak sejak dini.

Seringkali saya mendapati ibu atau pengasuh anak mengajarkan tentang adab makan berupa penggunaan tangan makan dengan menginstruksikan 

“Eh, nak…pakai tangan bagus ya…!”

Kemudian saya berimajinasi, tangan bagus yang seperti apa sih? Yang glowing-glowing gitu? πŸ˜€πŸ˜€

Atau ketika si anak menerima atau memberi sesuatu dari dan pada orang lain, celotehan “pakai tangan bagus ya!” biasanya terucapkan.
Kalau saya dalam menanamkan adab pada Ihsaan memilih menggunakan padanan kata “kanan dan kiri”. Kenapa? Ini lebih praktis lho, sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui yaitu anak tahu tentang adab yang baik dan benar sekaligus tahu mana kanan dan kiri. Karena banyak sekali pembelajaran bagi anak yang membutuhkan pengarahan kanan dan kiri. 

Ketika kita membiasakan berujar “tangan bagus” untuk tangan kanan, apakah tangan kiri itu “tangan yang tidak bagus”? Menurut saya, tangan kiri itu punya peranan yang juga bagus kok namun peruntukannya berbeda dengan tangan kanan, misalnya ketika istinjak dalam adab thoharoh (bersuci). Dan bagian tubuh sebelah kiri digunakan terlebih dahulu ketika masuk ke kamar mandi, keluar rumah, melepas pakaian, dan sebagainya. Dengan mendahulukan yang kiri bukan berarti mendahulukan yang tidak bagus tetapi mengikuti apa yang menjadi tuntunan dalam beradab yang sesuai dengan ajaran islam.

Pembiasaan adab itu baiknya sedari kecil, dan semoga pembiasaan adab yang baik pada anak bermula dari pengajaran kita sebagai madrasah pertama mereka. Aamiin.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s