Ayah Ihsaan

Masih punya budget? Jangan lupa cek #pricetag !

Sore itu, tanpa ada agenda yang urgent (bagi saya) ayah ihsaan ajak kami untuk ke i-plug. Soalnya handphone dia udah bopeng parah, buah hasil rasa ingin tahu ihsaan tentang “bagaimana suara hp ayah kalau terjatuh” hmmm…lugasnya dibanting ihsaan. 😁

Di tengah perjalanan, ayah ihsaan menyampaikan sesuatu “Bu, celana ayah bolong nih.” Saya hanya berkomentar kenapa dia ga cek sebelum pergi, ya sudah dengan terpaksa saya mengizinkan untuk beli celana setibanya di mall. “Yaudah yah, nanti beli yang bagusan biar endurance nya juga lamaan.”

Setibanya di CP (salah satu mall di Medan), ternyata ga ada i-plub atau i-box disana. Jadi ya tujuan kita yang utama beralih ke beli celana jeans ayah. Di luar toko kami melihat “Sale up to 50%”. Jarang banget kan brand satu ini kasih potongan sampai 50 persen.  

Beberapa langkah menuju pintu masuk, ayah ihsaan bertanya “Bu, budget dari ibu berapa?” Ya meskipun, uang semuanya ada di rekening suami, tapi suami ketika membeli barang akan minta izin budget sama saya. Lagian saya bisa track mutasi rekening doi, jadi ya memang lebih baik terbuka dari awal. Alhamdulillah suami typical yang hemat, beliau yang kalau ga saya dorong untuk belanja baju atau lainnya kadang lebih milih yang murah aja atau pake baju jatah dari kantor. 😂😂 Padahal dia perlu apresiasi dirinya sendiri, intinya menghargai dirinya sendiri. Celana jeans yang beliau pakai saat itu pun sudah sempat ke tukang permak, tapi tetep aja sobek 🙈

Balik lagi ke soal budget, saya menganggarkan hanya 500ribu. Nominal ini sudah 2 kali lipat dari harga celana yang biasa dia beli. “Tapi bu, kayaknya ga bakal dapet deh harga segitu.” Hmmm..iya juga sih ya dengan harga normal aja dibandrol 800ribuan, dan ini promonya up to 50% alias belum tentu semua dibandrol potongan harga bulat 50%. Saya hanya bilang, pokoknya setelah diskon ga boleh lebih dari segitu. Kejam ya kelihatannya? Tapi di hati saya bergumam “ya, kalau lebih dikit ga apa-apalah”

Dan ternyata, size celana besar udah pada sold out di jajaran celana yang didiskon 50%. Alhasil hanya celana dengan harga normal yang bisa dibeli. Kemudia saya bantu memilih, dan tentunya sambil saya intip-intip. “Oh, harganya ada yang 600ribu kurang, ini ada juga yang 800 ribu.” Saya masih mentolerir harga segitu. Habisnya celana jeans l*is yang harganya 250ribuan (setelah diskon) hanya bertahan setahun saja. Jadi saya memperhitungkan beli celana jeans ini sebagai investasi, biar ga boros. 😁😁😁

Akhirnya suami memilih sebuah celana yang memang belum pernah dia punya, dan katanya model terbaru. Setelah saya “okay” dengan pilihannya, berjalanlah kami menuju kasir. Saat proses pembayaran, sang kasir menyampaikan kalimat yang membuat kami berkeringat dingin, “iya kak, jadi totalnya xxxx juta” suami belum tergerak untuk mengeluarkan kartu atm nya sampai akhirnya sang kasir menyebutkan kembali nominalnya. Akhirnya ayah ihsaan pun berseloroh sambil tersenyum hambar “Bu, ini ibu aja yang gesek.” Dan saya membalasnya dengan kekehan yang dipaksakan sembari keringat dingin terus mengalir. #efekdrama

Setelah menenteng jinjingan berisi celana jeans yang harganya hampir 5 kali lipat dari budget celana biasanya, kami pun tertawa-tawa. “Yah, itu seriusan yah harganya?” Dan kami pun melanjutkan perbincangan ini di mobil. 

I: “Yah, ini bener harganya segitu?” Sambil saya mengecek price tag nya. Dan memang benar harganya Rp 1,***,**** ditambah uang parkir jadi tembus di angka Rp 1,2**,***. Saya masih terheran-heran kenapa bisa ini terjadiiiii…

I:” memangnya ayah ga ngecek dulu ya harganya?”

A: ” Kirain ayah, udah lolos hasil screening ibu makanya ibu izinin. Dan memang ayah tadi ga ngecek juga lagi bu.” 

I:”Ibu pikir harganya sama celana yang ayah pilih juga. Sekitar 800an. Ini kok tembus angka 1 juta sih yah.” Ibu benar-benar menyesal. 😭😭😭

I:” kenapa ya kok nyesek banget? Bapak yang di belakang kita kayaknya santai banget ya pas gesek kartunya?”

A:” karena kita pakai debit card bu, jadi langsung berasa deducted nominal di tabungan. Sedangkan bapak yang tadi kan pake credit card.”

Hmmm..benar juga sih, tapi ibrah dari kejadian hari itu adalah set budget yang sesuai dengan kemampuan, dan jangan lupa untuk selalu memeriksa #pricetag pada barang yang akan dibeli. Doa lainnya semoga itu celana awet minimal 5 tahun ya. Aamiin yra. 😐

😇😇😇😇

Leave a Reply

