Ibu Ihsaan, Ihsaan Amanullah Kusumah, Uncategorized

Serunya si kecil bereksplorasi di Dancow Kidtropolis

Akhir pekan kemarin menjadi moment yang menyenangkan bagi ibu dan ihsaan. Karena apa? Karena Dancow Kidtropolis hadir di Medan. 

Dancow Kidtropolis yang nama event lengkapnya “Nestle Dancow Explore Your World” bener-bener bikin ibu sadar deh betapa pentingnya peran sebagai orang tua bagi tumbuh kembang si kecil. Hal yang paling “ngena” bagi saya sebagai ibu yang masih dikit banget ilmunya adalah poin yang disampaikan oleh para pembicara yaitu psikolog anak Ibu Ratih Ibrahim, dokter spesialis tumbuh kembang anak dr. Bernie Endyarni Medise, SpA (K) dan senior brand manager Dancoe Riza Nopalas bahwa untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak itu diperlukan tiga hal, yaitu; nutrisi, stimulasi dan cinta ayah bunda.

Ibu ratih ibrahim yang mengawali talkshow katanya bisa lho menerawang perasaan si kecil bahagia atau tidak dari ekspresi wajah si kecil. Saya langsung kepikiran “Duh, ihsaan bahagia ga ya punya ibu kayak saya.” Huhuhu…secara yang dicariin kalau lagi ga minta mimi itu ayahnya. #selftalk 🙈
Dari sini saya musti introspeksi diri nih, apa saya udah ngasih sepenuhnya cinta pada Ihsaan. *mellow deh 

Menurut beliau, pada masa eksplorasi si kecil harus didukung oleh cinta ayah dan bunda berupa memberikan kesempatan dan melepas si kecil untuk bereksplorasi sendiri sehingga si kecil dapat berani dan mandiri dan kesempatan mereka untuk belajar hal-hal baru untuk mengembangkan dirinya semakin terbuka.

Poin kedua, nutrisi. Si kecil yang sedang dalam masa pertumbuhan perlu asupan nutrisi yang optimal. Nah, ini kaitannya dengan poin ketiga yaitu stimulasi. Karena anak akan ada fasenya untuk berkembang, dan hal lain yang diperlukan selain nutrisi adalah stimulasi dan hal ini akan si kecil banyak peroleh melalui eksplorasi. Poin 2 dan 3 menurut saya berkaitan sih, karena ternyata seringkali orang tua (termasuk saya) yang masih punya stigma bahwa kalau anak kebanyakan eksplorasi di luar rumah bakal gampang sakit, demam, batuk, pilek dan kekhawatiran lain-lain. Padahal kalau nutrisinya tercukupi, sistem imunitas si kecil juga akan baik dan si kecil akan lebih siap untuk bereksplorasi langsung di alam.

Seakan menjawab kegundahan para orang tua yang masih “parno” kayak saya, Dancow tepat pada acara Kidstropolis akhir pekan yang lalu (4-5 Maret 2017) meluncurkan produk ter-anyarnya yaitu Dancow excelnutri + yang mengandung Lactobacillus rhamnosus tiga kali lipat lebih tinggi dari sebelumnya. Apa sih manfaatnya? Lactobacillus rhamnosus ini yang merupakan bakteri baik dapat membantu menjaga saluran pernafasan dan saluran cerna si kecil. Menjaga asupan bakteri baik seperti ini sangat penting karena tubuh yang terlindungi menjadi fondasi fundamental untuk mendukung proses belajar dan pertumbuhan fisik si kecil. Jadi, ketika si kecil sudah terlindungi dari dalam, seharusnya kita sebagai orang tua tidak akan ragu lagi untuk berkata “IYA BOLEH” pada si kecil untuk bereksplorasi demi mengoptimalkan tumbuh kembangnya. 

Tagline IYA BOLEH ini memang sangat ditekankan pada acara Nestle Dancow Explore Your World kemarin, makanya di setiap zona bermain ayah bunda yang mendampingi si kecil diminta menyatakan IYA BOLEH sebelum si kecil bermain. Acara ini dilengkapi 4 zona bermain yaitu Art Center dengan aktivitas hand painting dan storytelling, Central park yang dilengkapi dengan teknologi augmented reality, smart city dimana si kecil bisa berkreasi dengan setumpukan lego (ini sih surga banget buat ihsaan) dan yang terakhir play park yaitu zona yang sangat mengasah motorik kasar si kecil. 

Ihsaan bermain di play park

Eittsss… saya mau kasih info tambahan juga ya, bahwa keseruan acara Dancow Kidstropolis ini tidka hanya di Medan, tapi masih ada 4 kota besar lainnya yang akan dikunjungi yaitu Surabaya, …… agar ayah bunda tidak ketinggalan informasinya, gabung aja di fanspagenya Dancow Parenting Center. 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s