Ihsaan jalan jalan, parenting

#ihsaanbermain: Fieldtrip “Fun Farming” bareng HSMN Medan

Ihsaan bak burung keluar dari sangkarnya 



Itu kali yah kalimat yang cukup menggambarkan betapa #ihsaan19bulan sooo happy ketika Fieldtrip pertengahan Februari kemarin. (Judulnya late post 🙊)

Jadi, begini ceritanya…

Moment keluar rumah even cuman ke warung jalan kaki selalu menyenangkan lho bagi ihsaan. WHY?

Karena ihsaan sebagian besar waktu bermainnya kan di dalam rumah, jadi moment ke luar rumah adalah penyegaran buat dia (bisa lari-lari kejar kucing, lihat langit, megangin pohon, dll). Hmmm…..padahal sih ruang bermainnya cukup lega (ditambah ruang tamu yang minim barang), dan ihsaan bisa lari-larian juga di dalam rumah. Tapi ya namanya daya tarik di luar rumah lebih kuat, ihsaan teteeeep bawaannya ingin main di luar rumah. Dan sekarang ihsaan udah bisa bilang “uwar…uwar!!” 

Maka dari itu, untuk memenuhi keinginannya (apa kebutuhan ya? 🤔), saya selalu usahakan untuk “Fun Nature Walking” berduaan aja sama ihsaan di pagi dan sore hari. Kalau weekday, ayahnya mager kalau pagi hari dan masih di kantor juga kalau sore hari 😆😆

Alhamdulillah sekali, acara fieldtrip HSMN Medan dengan tema “Fun Farming” kemarin sangat memuaskan dan memenuhi kebutuhan gerak dan eksplorasi ihsaan. 

Kebun yang dijadikan tempat fieldtrip kemarin bernama “Kebun Petani Kreatif” berlokasi di jalan eka rosa, Johor. Lokasi fieldtrip di Medan Johor sebenarnya bisa dibilang “ga begitu jauh” dari rumah kami di Medan Selayang, tapi ya karena sempet salah baca gps, terus nyari makan (ini nih yang lumayan lama 😁), terus makan lontong Namira (ini enaaaaak 👍🏻👍🏻), sampai dengan tanya-tanya dulu lokasinya sama penduduk, alhasil waktu tempuh jadi hampir 1 jam. Kalau mulus sih bisa cuman 30 menit. 

Terus di kebun ihsaan ngapain aja? Whooohooo banyaaak banget kegiatannya. Mulai dari keliling kebun untuk mengenal tanaman okra, daun mint, kangkung, kasih makan kelinci (walaupun kelincinya mogok makan), menanam kangkung, buat telur asin, mendengarkan dongeng sampai dengan main air di keran air tengah kebun. Hmmm.. dia bilang “du du..du du…” ketika lihat abang-abang pada cuci tangan. Padahal maksudnya “wudlu”, memang adegan basuh tangan yang sangat menempel di benak ihsaan tentang wudlu. Hehe

Balik lagi soal fieldtrip kemarin, hal yang buat ibu dan ayah bangga, masyaAllah ihsaan jadi belajar mandiri (ga nyariin ayah ibunya dong, anteng bener), dan sangat mengeksplor banyak hal. Hal yang paling berkesan buat ibu pribadi dari agenda fieldtrip kemarin adalah sesi menanam kangkung. Ketika itu, anak-anak diberikan polybag kosong lalu kemudian diminta memasukan tanah dengan tangannya sendiri ke dalam polybag. (Dan ketika udah penuh polybagnya dengan tanah, ihsaan makan tanahnya dong 😅😅). Ini sensorik, motorik sampai kognitifnya dapat. Juaraaaa emang agenda kemarin! 

Ihsaan sedang memasukan tanah ke dalam polybag
Indera peraba: anak merasakan tekstur tanah✅

Indera penciuman: anak mencium aroma tanah yang segar ✅

Koordinasi mata dan tangan: ketika memasukan tanah ke dalam polybag✅

Motorik halus: kegiatan mengambil tanah dengan jari dan mengepalnya✅

Kognitif: anak diberi tahu tentang pemaparan cara menanam tanaman, mulai dari menyiapkan polybag, memasukan tanah, membuat lubang untuk bibit tanaman, menutup lubang lagi dengan tanah, sampai dengan menyiram tanaman ✅

Benang merahnya adalah saya merasa puas sekali dengan agenda fieldtrip kemarin. Anak mengekslor banyak hal dan bonding anak dengan orang tuanya juga insyaAllah semakin kuat. 

Menyenangkan! 🎉🎉🎉

Farms are a magical place for little eyes and hands (unknown)

Hmmm… akhir pekan ini ihsaan baiknya explore ke mana lagi ya?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s