Ibu Ihsaan, Ihsaan jalan jalan

Tjong A Fie Mansion, destinasi yang wajib kamu kunjungi ketika di Medan

Salah satu objek wisata menarik yang dapat jadi pilihan kamu ketika berada di Medan adalah Tjong A Fie Mansion. Sebuah rumah yang menjadi symbol kesuksesan seorang perantau Cina di Medan. Sudah jelas dari nama objek wisatanya bahwa si empunya rumah adalah Tjong A Fie. Jadi, alangkah baiknya kita mengenal sosok Tjong A Fie ya.

 Beliau merantau dari Cina ke Medan dengan membawa sebuat kopor besi (masih tersimpan di Mansion) yang kayaknya berat banget, kebayang dong mikulnya gimana? Huhuhu..

Awalnya beliau hanya menjad buruh biasa lalu kemudian dengan jerih payah yang dilakukan sukses menjadi saudagar di bidang pertanian. Beliau pernah menjabat sebagai mayor alias walikota untuk penduduk Cina di Medan ini. Beliau dikenal sebagai sosok yang dermawan. Makanya dengan kemashuran beliau, tidak heran pada saat beliau meninggal, iring-iringan orang yang mengantarkan jenazahnya begitu banyak (foto dokumentasinya ada di Mansion).

Kembali ke bahasan objek wisatanya merupakan sebuah mansion yang dibangun sejak tahun 1895 dan rampung pada tahun 1900 yang artinya pengerjaan rumahnya selama 5 tahun. Kok lama banget ya? Bayangkan saja material bangunan didatangkan dari banyak negara, venesia, Austria, italia dan banyak negara lainnya. Desainnya sendiri merupakan perpaduan gaya Eropa dan Cina. Memasuki mansion ini kita akan berdecal kagum karena kemegahan bangunan yang pada jamannya pasti masuk kategori “Keren bangeeeeett”.
Mansion ini sendiri saat ini merupakan cagar budaya namun pengelolaannya masih dilakukan oleh pihak keluarga daaaaaaann mansion ini masih dihuni oleh cucunya Tjong A Fie lho, namun hanya bagian atas rumahnya saja. Lantai bawah dan sebagian lantai atas bisa dinikmati pengunjung untuk berwisata. Harga tiket masuk Mansion ini sebesar Rp 35,000 per orang. Nantinya pengunjung akan langsung dipandu oleh seorang tour guide. Pemaparan saya tentang siapa Tjong A Fie dan sejarah mengenai mansion ini saya peroleh dari pemandu wisata tersebut, jadi masuk kategori baik ya itu pemandu, sampai sebulan lebih dari kunjungan saya masih bisa memaparkan ceritanya kembali. Hehehe…

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s