Buatan Ibu Ihsaan, Ibu Ihsaan

DIY toys ala #ibuihsaan

DIY bagi sebagian orang masih banyak yang bertanya-tanya apaan sih itu “DIY”?

DIY is stand for Do It by Yourself a.k.a buatan sendiri lho. Ga pake beli. Nah, lagi trend kayaknya ya di kalangan para mahmud (mamah muda) untuk buatan mainan ini hasil kreasi sendiri. Lebih keren dan lebih hemat pastinya. Cung yang sependapat dengan saya? 🙋🏻

Awalnya ketika saya sebagai viewer di timeline instagram, saya selalu berdecak kagum dan merintih sedih. Hwaaaa… itu idenya dapat dari mana sih? Kok kepikiran sih? Aduh rapih banget sih… 

Nah, setelah coba install aplikasi pinterest di hp, alhamdulillah ide itu puuuuun mengalir. Tapi layaknya air yang ngocor dari keran tapi  ga ditampung di ember, jadinya ide-ide itu pun hanya mengalir. Tidak menjadi sesuatu yang bisa dimanfaatkan. Saya hanya pinned saja banyak printable dan segala macam contoh diy toys. Tanpa terealisasi.Hingga akhirnya tantangan dari komunitas yang saya ikuti pun menjadi jalan saya untuk memulainya.

Yap, butuh konsep dan jelas tema yang mau diangkat. Jadi ga hanya save ide saja di hp, tapi mencoba mewujudkannya dalam bentuk yang riil. Project pertama saya adalah alat untuk story telling karena memang tema tersebut yang diangkat di group komunitas waktu itu.

Hmm.. akhirnya saya mencoba membuat properti berupa pedang dan perisai untuk story telling tentang kisah usamah “sang panglima perang termuda”. Dan ihsaan sangaaaat suka. Ibunya jadi makin semangat deh bebikinan. 

Hingga akhirnya kemarin ibu bisa dikatakan cukup sukses buat diy toys cardboard dalam bentuk mobil-mobilan dengan warna biru metalic dengan sentuhan warma silver. Emang sih akhirnya dipretelin juga sama ihsaan 😂😂 tapi ga apa-apa, ibu tetap lega kok. Biaya ganti mobilnya masih relatif murah. Kardusnya juga gratisan pas belanja di supermarket 😁 #sungguhemak2irit

Walaupun banyak ide bertebaran, ternyata tidam sedikit teman saya yang curcol “duh, kok gw ga bisa bikinnya yaaa…”. Karena saya pernah di posisi seperti itu, jadi saya mau bagi tips nih ya biar bisa move on buat bebikinan di rumah.

✂️ sediakan “alat perang” standar seperti kertas warna, karton, gunting, spidol/ pewarna, cutter, lem fox, lem kertas, pompom, penggaris, pipe cleaner,art foam, kardus bekas, botol bekas & wadah bekas lainnha yang bisa dimanfaatkan”. Karena biasanya yang membuat suatu ide tidak bisa terealisasi adalah karena menundanya dengan alasan “Ah, ga punya alat sama bahannya nih.” Padahal alat dan bahan yang diperlukan relatif mudah dicari

🖍tentukan tema mainan atau tujuan mainan . Ini bakal memudahkan kamu untuk ketik keyword di tab pencarian pinterest atau di mesin pencarian seperti om google. 

🖌bulatkan tekad dan yakini bahwa mainan yang kita buat untuk semakin memperkuat bonding antara kita dan anak dan untuk manfaat lainnya seperti  mengasah imajinasi anak.

Hmm… tips nya itu aja sih. Karena memang itu poin-poin yang membuat saya akhirnya bisa menelurkam sejumlah karya. Hehe… 

Berikut diy toys lainnya yang saya buat, dan idenya masih hasil intip-intip dari blog dan pinterest. 😊😊😊

Yuuk mulai bebikinan!

Salam #ibuihsaan

Leave a Reply

